Jenis-Jenis Dongeng Berdasarkan Karakteristiknya
(Foto: Freepik)

Jenis-Jenis Dongeng yang Harus Pembaca Ketahui

NET-Magazines – Dongeng merupakan cerita fiktif yang kerap diceritakan sejak zaman dahulu. Dongeng memiliki banyak sekali variasi, dari cerita rakyat hingga cerita modern yang diciptakan oleh penulis saat ini. Meskipun begitu, dongeng seringkali dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan karakteristiknya.

Jenis-Jenis Dongeng Berdasarkan Karakteristiknya

Berikut adalah beberapa jenis dongeng yang perlu Anda ketahui.

1. Dongeng Tradisional

Dongeng tradisional atau dongeng rakyat adalah jenis dongeng yang berasal dari cerita-cerita yang diceritakan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Dongeng ini berasal dari berbagai belahan dunia dan menceritakan kisah-kisah yang berhubungan dengan kepercayaan dan budaya masyarakat setempat.

Contoh dongeng tradisional yang terkenal antara lain Dongeng Rakyat Indonesia seperti Bawang Merah Bawang Putih, Si Kancil dan Buaya, atau Malin Kundang. Selain itu, ada juga Dongeng dari Asia Tenggara seperti Rama dan Shinta, Dongeng dari Eropa seperti Cinderella dan Snow White, dan Dongeng dari Afrika seperti Anansi dan Siput.

2. Dongeng Fantasi

Dongeng fantasi adalah jenis dongeng yang menciptakan dunia fiksi yang penuh dengan makhluk-makhluk ajaib, sihir, dan petualangan yang tak terbayangkan. Dongeng fantasi kerap dianggap sebagai kisah yang paling menarik dan paling menghibur.

Contoh dongeng fantasi yang terkenal antara lain Alice in Wonderland karya Lewis Carroll, The Chronicles of Narnia karya C.S. Lewis, atau Harry Potter karya J.K. Rowling.

3. Dongeng Binatang

Dongeng binatang adalah jenis dongeng yang memiliki tokoh-tokoh utama yang berupa binatang atau hewan yang dapat berbicara dan memiliki perilaku manusia. Dongeng binatang kerap mengandung pesan moral yang berharga dan bisa diambil hikmahnya oleh pembaca atau pendengarnya.

BACA JUGA  Terhubung dengan Dunia melalui Aplikasi Facebook untuk Android

Contoh dongeng binatang yang terkenal antara lain The Three Little Pigs atau Tiga Babi Kecil, The Tortoise and The Hare atau Kura-Kura dan Kelinci, dan The Ant and The Grasshopper atau Semut dan Belalang.

4. Dongeng Humor

Dongeng humor adalah jenis dongeng yang bertujuan untuk menghibur dan membuat orang tertawa. Dongeng ini biasanya memiliki plot yang kocak dan karakter-karakter yang lucu.

Contoh dongeng humor yang terkenal antara lain The Gingerbread Man atau Manusia Jahe, The Ugly Duckling atau Bebek Buruk Rupa, atau The Emperor’s New Clothes atau Baju Baru Sang Kaisar.

5. Dongeng Moral

Dongeng moral adalah jenis dongeng yang memiliki pesan moral atau pelajaran yang bisa diambil oleh pendengarnya. Pesan moral tersebut kerap disampaikan melalui kisah-kisah yang melibatkan karakter-karakter yang berperilaku baik atau buruk.

Contoh dongeng moral yang terkenal antara lain The Boy Who Cried Wolf atau Anak yang Menangis Serigala, The Frog Prince atau Pangeran Katak, atau The Little Mermaid atau Putri Duyung Kecil.

 

Dongeng merupakan cerita yang sudah melegenda di banyak budaya dan dipercaya dapat membawa pesan moral atau nilai yang baik bagi pembacanya. Meskipun jenis dongeng yang ada beragam, namun beberapa jenis di antaranya mempunyai karakteristik yang berbeda dan unik. Dalam artikel ini, akan dibahas lebih lanjut tentang beberapa jenis dongeng yang perlu Anda ketahui.

Pertama-tama, jenis dongeng yang paling umum adalah dongeng tradisional atau dongeng rakyat. Dongeng jenis ini berasal dari cerita yang diceritakan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Dongeng tradisional biasanya menceritakan kisah-kisah yang berhubungan dengan kepercayaan dan budaya masyarakat setempat. Contohnya adalah dongeng rakyat Indonesia seperti Bawang Merah Bawang Putih, Si Kancil dan Buaya, atau Malin Kundang. Selain itu, ada juga dongeng dari Asia Tenggara seperti Rama dan Shinta, dongeng dari Eropa seperti Cinderella dan Snow White, dan dongeng dari Afrika seperti Anansi dan Siput.

BACA JUGA  Solusi Komunikasi dan Kolaborasi Jarak Jauh yang Praktis menggunakan Aplikasi Zoom Meeting for Android

Jenis dongeng selanjutnya adalah dongeng fantasi, yang menciptakan dunia fiksi yang penuh dengan makhluk-makhluk ajaib, sihir, dan petualangan yang tak terbayangkan. Dongeng fantasi kerap dianggap sebagai kisah yang paling menarik dan paling menghibur. Contoh dongeng fantasi yang terkenal antara lain Alice in Wonderland karya Lewis Carroll, The Chronicles of Narnia karya C.S. Lewis, atau Harry Potter karya J.K. Rowling.

Kemudian, ada juga jenis dongeng binatang, yang memiliki tokoh-tokoh utama berupa binatang atau hewan yang dapat berbicara dan memiliki perilaku manusia. Dongeng binatang seringkali mengandung pesan moral yang berharga dan bisa diambil hikmahnya oleh pembaca atau pendengarnya. Contoh dongeng binatang yang terkenal antara lain The Three Little Pigs atau Tiga Babi Kecil, The Tortoise and The Hare atau Kura-Kura dan Kelinci, dan The Ant and The Grasshopper atau Semut dan Belalang.

About Chica Intan Sari

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com