Struktur Sel Hewan dan Tumbuhan
(Foto: kelaspintar.id)

Perbedaan Serta Fungsi Antara Struktur Sel Hewan dan Tumbuhan

NET-Magazines – Sel adalah unit terkecil dari kehidupan. Semua makhluk hidup terdiri dari sel, baik itu tumbuhan, hewan, manusia, atau mikroorganisme. Sel memiliki struktur dan fungsi yang berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang struktur sel hewan dan tumbuhan, perbedaannya, serta fungsinya.

 

Struktur Sel Hewan

Sel hewan memiliki struktur yang lebih sederhana dibandingkan dengan sel tumbuhan. Berikut adalah beberapa komponen utama dari sel hewan:

1. Membran Sel

Membran sel adalah lapisan tipis yang menyelimuti sel hewan, membran sel terdiri dari fosfolipid dan protein yang memungkinkan masuknya zat-zat ke dalam sel dan keluarnya zat-zat dari sel.

2. Sitoplasma

Sitoplasma adalah cairan sel hewan yang terdapat di antara membran sel dan inti sel. Sitoplasma terdiri dari air, protein, karbohidrat, lemak, dan berbagai zat lain yang diperlukan untuk kehidupan sel.

3. Inti Sel

Inti sel adalah organel yang mengandung DNA, yaitu materi genetik yang mengatur sel untuk melakukan fungsi tertentu. Inti sel dilindungi oleh membran inti dan berfungsi untuk mengontrol aktivitas sel.

BACA JUGA  Dunia Perbankan yang Tidak Pernah Sepi Peminat

4. Mitokondria

Mitokondria adalah organel yang berfungsi untuk menghasilkan energi melalui proses respirasi sel. Mitokondria memiliki struktur yang unik, yaitu matriks, membran dalam, dan membran luar.

5. Ribosom

Ribosom adalah organel kecil yang terdapat di sitoplasma, ribosom berfungsi untuk mensintesis protein.

6. Lisosom

Lisosom adalah organel kecil yang berfungsi untuk mencerna dan menguraikan bahan-bahan organik yang tidak diperlukan oleh sel.

 

Struktur Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan memiliki struktur yang lebih kompleks dibandingkan dengan sel hewan. Berikut adalah beberapa komponen utama dari sel tumbuhan:

1. Membran Sel

Seperti sel hewan, sel tumbuhan juga memiliki membran sel yang terdiri dari fosfolipid dan protein. Namun, sel tumbuhan memiliki dinding sel yang terletak di luar membran sel.

2. Sitoplasma

Seperti sel hewan, sitoplasma adalah cairan sel tumbuhan yang terdiri dari air, protein, karbohidrat, lemak, dan berbagai zat lain yang diperlukan untuk kehidupan sel.

3. Inti Sel

Inti sel pada sel tumbuhan memiliki struktur yang sama dengan inti sel pada sel hewan.

4. Mitokondria

Mitokondria pada sel tumbuhan juga memiliki struktur yang sama dengan mitokondria pada sel hewan.

5. Ribosom

Ribosom pada sel tumbuhan juga memiliki struktur yang sama dengan ribosom pada sel hewan.

6. Vakuola

Vakuola adalah organel yang terbesar pada sel tumbuhan. Vakuola berfungsi untuk menyimpan air, nutrisi, dan limbah dalam sel. Vakuola juga membantu menjaga tekanan turgor sel yang diperlukan untuk menjaga kekakuan dan bentuk sel tumbuhan.

7. Kloroplas

Kloroplas adalah organel yang terdapat di dalam sel tumbuhan yang berfungsi untuk melakukan fotosintesis. Kloroplas memiliki struktur yang unik, yaitu stroma, tilakoid, dan grana, yang memungkinkan terjadinya reaksi fotosintesis.

BACA JUGA  Apa yang Perlu Anda Ketahui mengenai Resiko Jika Download Aplikasi Android di Luar Play Store?

 

Perbedaan Struktur Sel Hewan dan Tumbuhan

Meskipun sel hewan dan tumbuhan memiliki beberapa komponen yang sama, terdapat beberapa perbedaan dalam struktur selnya yaitu:

1. Dinding Sel

Sel tumbuhan memiliki dinding sel yang terletak di luar membran sel. Dinding sel terbuat dari selulosa yang memberikan kekakuan pada sel tumbuhan. Sel hewan tidak memiliki dinding sel.

2. Vakuola

Vakuola pada sel tumbuhan jauh lebih besar dibandingkan dengan vakuola pada sel hewan. Vakuola pada sel tumbuhan berfungsi untuk menyimpan air dan nutrisi dalam sel, serta menjaga tekanan turgor sel yang diperlukan untuk menjaga kekakuan dan bentuk sel tumbuhan.

3. Kloroplas

Kloroplas hanya terdapat pada sel tumbuhan. Kloroplas berfungsi untuk melakukan fotosintesis dan menghasilkan energi untuk sel tumbuhan.

 

Fungsi Sel Hewan dan Tumbuhan

Sel hewan dan tumbuhan memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan komponen yang dimilikinya. Beberapa fungsi sel hewan dan tumbuhan antara lain:

1. Membentuk Jaringan Tubuh

Sel hewan dan tumbuhan bergabung menjadi jaringan tubuh yang berfungsi untuk melakukan berbagai aktivitas dan menjaga kelangsungan hidup makhluk hidup.

2. Regenerasi dan Perkembangan

Sel hewan dan tumbuhan mampu meregenerasi dan berkembang menjadi sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel yang rusak atau mati.

3. Menjaga Keseimbangan Air dan Nutrisi

Sel tumbuhan memiliki vakuola yang berfungsi untuk menyimpan air dan nutrisi dalam sel, serta menjaga tekanan turgor sel yang diperlukan untuk menjaga kekakuan dan bentuk sel tumbuhan.

4. Produksi Energi

Mitokondria pada sel hewan dan tumbuhan berfungsi untuk menghasilkan energi melalui proses respirasi sel. Kloroplas pada sel tumbuhan berfungsi untuk melakukan fotosintesis dan menghasilkan energi untuk sel tumbuhan.

BACA JUGA  Amfibi, Hewan Yang Dapat Hidup di Darat dan Air

 

Kesimpulan

Sel hewan dan tumbuhan memiliki struktur dan fungsi yang berbeda-beda. Sel hewan memiliki struktur yang lebih sederhana dibandingkan dengan sel tumbuhan. Sel tumbuhan memiliki dinding sel, vakuola yang besar, dan kloroplas yang berfungsi untuk melakukan fotosintesis. Meskipun memiliki perbedaan, sel hewan dan tumbuhan memiliki fungsi yang penting dalam menjaga kelangsungan hidup makhluk hidup. Pemahaman tentang struktur dan fungsi

About Chica Intan Sari

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com