organel sel yang hanya dimiliki oleh sel tumbuhan
(Foto: Freepik)

Perlu Diketahui, Inilah Organel Sel yang Hanya Dimiliki oleh Sel Tumbuhan

NET-Magazines – Sel tumbuhan memiliki organel sel yang berbeda dengan organel sel yang dimiliki oleh sel hewan. Salah satu contoh organel sel yang hanya dimiliki oleh sel tumbuhan adalah plastida. Plastida adalah organel sel yang berfungsi untuk melakukan fotosintesis dan menyimpan pigmen. Selain itu, plastida juga memiliki peran penting dalam metabolisme sel dan pengaturan keseimbangan hormon.

Plastida memiliki beberapa jenis, di antaranya adalah kloroplas, kromoplas, dan leukoplas. Kloroplas adalah plastida yang memiliki pigmen klorofil yang digunakan untuk fotosintesis. Kromoplas adalah plastida yang memiliki pigmen non-klorofil seperti karotenoid, yang memberikan warna pada buah dan bunga. Leukoplas adalah plastida yang tidak memiliki pigmen dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan pengolahan mAakanan.

Selain plastida, sel tumbuhan juga memiliki organel sel lainnya yang hanya dimilikinya, yaitu vakuola. Vakuola adalah organel sel yang berfungsi untuk menyimpan zat-zat sisa, seperti air dan garam, serta mengatur keseimbangan ion dan molekul dalam sel. Selain itu, vakuola juga berperan dalam menjaga tekanan turgor pada sel tumbuhan.

Vakuola memiliki beberapa jenis, di antaranya adalah vakuola sentral dan vakuola gas. Vakuola sentral adalah vakuola yang terdapat pada sel tumbuhan dewasa dan memiliki fungsi penting dalam menjaga tekanan turgor pada sel. Vakuola gas adalah vakuola yang terdapat pada jaringan tumbuhan yang hidup di dalam air, seperti pada daun terapung. Vakuola gas berfungsi untuk mengatur keseimbangan gas dalam sel dan menjaga agar daun terapung tetap mengapung di permukaan air.

Selain plastida dan vakuola, sel tumbuhan juga memiliki organel sel yang mirip dengan organel sel yang dimiliki oleh sel hewan, yaitu mitokondria dan ribosom. Mitokondria adalah organel sel yang berfungsi untuk menghasilkan energi dalam bentuk ATP melalui proses respirasi seluler. Ribosom adalah organel sel yang berfungsi untuk melakukan sintesis protein.

BACA JUGA  Download Sound of Text WhatsApp, A New Way to Share Text Messages

Perbedaan organel sel antara sel tumbuhan dan sel hewan ini memungkinkan sel tumbuhan untuk dapat melakukan fotosintesis dan menyimpan sisa-sisa zat yang tidak digunakan dalam vakuola, sementara sel hewan tidak memiliki kemampuan ini. Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang membedakan antara tumbuhan dan hewan dalam dunia biologi.

Namun, selain perbedaan dalam organel sel, sel tumbuhan dan sel hewan juga memiliki kesamaan dalam beberapa hal, seperti memiliki membran sel, nukleus, dan sitoplasma. Membran sel berfungsi untuk menjaga struktur sel, mempertahankan keseimbangan dalam sel, dan mengatur pergerakan zat-zat di dalam dan di luar sel. Nukleus adalah organel sel yang mengandung DNA dan mengatur sintesis protein dalam sel. Sitoplasma adalah cairan yang mengisi sel dan berperan dalam mempertahankan struktur sel dan mengatur metabolisme sel.

Kloroplas, adalah organel sel yang paling terkenal dalam sel tumbuhan. Kloroplas memiliki pigmen klorofil yang dapat menangkap energi cahaya dan mengubahnya menjadi energi kimia dalam proses fotosintesis. Proses ini kemudian menghasilkan glukosa sebagai sumber energi bagi sel tumbuhan dan oksigen sebagai produk sampingan yang dilepaskan ke lingkungan.

Selain kloroplas, sel tumbuhan juga memiliki plastida lainnya seperti kromoplas dan leukoplas. Kromoplas terutama terdapat pada bunga dan buah, dan memberikan warna pada struktur tersebut. Sedangkan leukoplas adalah plastida yang tidak memiliki pigmen dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan pengolahan makanan. Kedua jenis plastida ini juga berperan dalam metabolisme sel tumbuhan.

Dalam kesimpulannya, sel tumbuhan memiliki organel sel yang berbeda dengan sel hewan, salah satunya adalah plastida dan vakuola. Plastida terutama kloroplas berfungsi untuk melakukan fotosintesis dan menyimpan pigmen. Sedangkan vakuola berfungsi untuk menyimpan air dan nutrisi, serta menjaga keseimbangan ion dan molekul dalam sel tumbuhan. Kedua organel sel ini sangat penting dalam menjaga kehidupan dan pertumbuhan sel tumbuhan. Oleh karena itu, sel tumbuhan memiliki kemampuan untuk melakukan fotosintesis dan menyimpan zat sisa yang tidak dimiliki oleh sel hewan.

About Chica Intan Sari

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com