teks explanasi
(Foto: mapel.id)

Isi Yang Terkandung Dalam Teks Explanasi

NET-Magazines – Untuk pembaca yang mungkin belum familiar dengan istilah “eksplanasi”, eksplanasi adalah jenis teks yang bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang suatu topik atau fenomena tertentu. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi, karakteristik teks eksplanasi, dan beberapa contoh teks eksplanasi yang dapat membantu pembaca memahami jenis teks ini.

 

Apa Itu Teks Eksplanasi?

Teks eksplanasi adalah jenis teks yang bertujuan untuk memberikan penjelasan atau pemahaman yang lebih jelas dan mendalam tentang suatu topik atau fenomena tertentu. Dalam teks eksplanasi, penulis berusaha untuk menjelaskan sesuatu secara terperinci, mulai dari definisi hingga bagaimana sesuatu itu terjadi atau berfungsi. Teks eksplanasi biasanya ditulis dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca dan didukung oleh contoh atau ilustrasi untuk memperjelas isi teks.

 

Karakteristik Teks Eksplanasi

Pada teks eksplanasi memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari jenis teks lainnya, berikut ini adalah beberapa karakteristik teks eksplanasi:

1. Memberikan penjelasan tentang suatu topik atau fenomena tertentu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tujuan utama teks eksplanasi adalah memberikan penjelasan yang lebih jelas dan mendalam tentang suatu topik atau fenomena tertentu. Tujuan ini dapat dicapai dengan cara menjelaskan secara terperinci dan didukung oleh contoh atau ilustrasi.

2. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami

Agar pembaca dapat memahami isi teks dengan mudah, teks eksplanasi biasanya ditulis dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Bahasa yang digunakan juga tidak terlalu teknis sehingga dapat diakses oleh pembaca dari berbagai kalangan.

BACA JUGA  Meningkatkan Efisiensi Pemrosesan File di Perangkat Anda melalui Aplikasi ZIP untuk Android

3. Menggunakan struktur teks yang jelas

Teks eksplanasi biasanya memiliki struktur teks yang jelas dan teratur. Struktur teks ini terdiri dari pendahuluan, isi, dan kesimpulan. Pendahuluan biasanya berisi pengenalan atau latar belakang tentang topik yang akan dijelaskan, sedangkan isi berisi penjelasan terperinci tentang topik tersebut. Terakhir, kesimpulan berisi ringkasan dari isi teks dan kesimpulan yang dapat diambil dari penjelasan tersebut.

4. Mendukung penjelasan dengan contoh atau ilustrasi

Untuk memperjelas isi teks, penulis teks eksplanasi biasanya menggunakan contoh atau ilustrasi. Contoh atau ilustrasi ini dapat berupa gambar, diagram, tabel, atau grafik yang dapat membantu pembaca memahami penjelasan dengan lebih mudah.

 

Contoh Teks Eksplanasi

Berikut ini adalah beberapa contoh teks eksplanasi yang dapat membantu pembaca memahami jenis teks ini:

  1. Bagaimana Internet Bekerja Internet adalah jaringan global yang menghubungkan berbagai komputer di seluruh dunia. Internet bekerja dengan cara mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lainnya melalui kabel atau nirkabel. Ketika seseorang ingin mengakses informasi di internet, komputer yang digunakan harus terhubung dengan server atau pusat data melalui jaringan internet. Setelah terhubung, komputer dapat mengirim permintaan atau request untuk informasi yang dibutuhkan ke server. Server akan memproses permintaan tersebut dan mengirimkan informasi yang diminta kembali ke komputer pengguna melalui jaringan internet. Proses ini terjadi dalam hitungan detik dan dapat diulang berkali-kali untuk mengakses informasi lain di internet. 
  2. Cara Kerja Kamera Digital Kamera digital adalah alat yang digunakan untuk mengambil gambar atau foto dengan menggunakan sensor digital yang menggantikan film pada kamera analog. Ketika tombol rana ditekan, kamera digital akan mengambil gambar melalui lensa dan sensor digital akan merekam cahaya yang masuk. Sensor digital kemudian akan mengubah cahaya menjadi sinyal elektronik dan menyimpannya dalam memori kamera. Gambar atau foto tersebut dapat dilihat langsung di layar LCD yang terdapat pada kamera digital atau dapat diunduh ke komputer untuk diedit atau dicetak.

     

  3. Proses Fotosintesis pada Tumbuhan Fotosintesis adalah proses yang dilakukan oleh tumbuhan untuk menghasilkan makanan mereka sendiri dengan menggunakan energi matahari. Proses ini dimulai dengan penangkapan cahaya matahari oleh klorofil yang terdapat pada daun tumbuhan. Cahaya matahari kemudian akan mengubah air dan karbon dioksida yang diambil dari udara menjadi glukosa dan oksigen melalui proses kimia yang kompleks. Glukosa yang dihasilkan oleh fotosintesis akan digunakan oleh tumbuhan sebagai sumber energi dan untuk membangun jaringan tumbuhan, sedangkan oksigen akan dilepaskan ke udara sebagai produk sampingan.
BACA JUGA  Top 6 Aplikasi Pelacak Lokasi Terbaik, Yang Wajib Kamu Coba!

 

Kesimpulan

Teks eksplanasi adalah jenis teks yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena dapat membantu pembaca memahami suatu topik atau fenomena dengan lebih jelas dan mendalam. Karakteristik teks eksplanasi yang utama adalah tujuannya memberikan penjelasan yang lebih terperinci, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, memiliki struktur teks yang jelas, dan mendukung penjelasan dengan contoh atau ilustrasi. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering membaca dan menulis teks eksplanasi dalam bentuk artikel, buku, atau panduan penggunaan produk tertentu. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami jenis teks ini agar dapat memanfaatkannya dengan baik.

About Chica Intan Sari

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com