Jumlah Maksimum Elektron Pada Setiap 1 Kulit
(Foto: Freepik)

Jumlah Maksimum Elektron Pada Setiap 1 Kulit

NET-Magazines – Dalam ilmu kimia, kulit elektron adalah orbit yang mengelilingi inti atom. Kulit elektron memiliki kapasitas yang berbeda-beda dalam menampung elektron. Salah satu kulit elektron yang sering dibahas dalam kimia adalah kulit elektron L. Kulit elektron L adalah kulit elektron kedua terluar pada sebuah atom dan dapat menampung hingga maksimum 8 elektron. Namun, apakah Anda tahu mengapa jumlah maksimum elektron yang dapat menempati kulit L adalah 8?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas terlebih dahulu tentang struktur atom. Atom terdiri dari inti atom yang terdiri dari proton dan neutron serta kulit elektron yang mengelilingi inti atom. Kulit elektron terdiri dari beberapa subkulit atau sublapisan seperti K, L, M, N, O, dan seterusnya. Setiap subkulit memiliki jumlah maksimum elektron yang dapat menempatinya. Subkulit K misalnya, memiliki maksimum kapasitas untuk menampung 2 elektron, sedangkan subkulit L dapat menampung hingga 8 elektron.

Jumlah maksimum elektron yang dapat menempati kulit L adalah 8 karena kulit L memiliki 4 subkulit atau sublapisan yaitu L1, L2, L3, dan L4. Subkulit L1 memiliki kapasitas maksimum 2 elektron, sedangkan subkulit L2, L3, dan L4 memiliki maksimum kapasitas 6 elektron. Jumlah total kapasitas maksimum untuk semua subkulit L adalah 2+6+6+6=20 elektron. Namun, karena kulit elektron L adalah kulit kedua terluar pada sebuah atom, maka jumlah maksimum elektron yang dapat menempati kulit L adalah 8 elektron.

Untuk memahami lebih lanjut mengapa hanya 8 elektron yang dapat menempati kulit L, mari kita bahas tentang prinsip Aufbau dan hukum Hund. Prinsip Aufbau adalah prinsip yang menyatakan bahwa elektron akan mengisi subkulit elektron yang lebih rendah terlebih dahulu sebelum mengisi subkulit elektron yang lebih tinggi. Sedangkan hukum Hund menyatakan bahwa setiap subkulit elektron harus terisi terlebih dahulu dengan satu elektron sebelum dapat diisi oleh elektron kedua.

BACA JUGA  Aplikasi Download Super Cepat di Android, Tingkatkan Efisiensi Download

Dengan prinsip Aufbau dan hukum Hund, maka pengisian kulit L akan dimulai dengan subkulit L1 terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan subkulit L2, L3, dan L4. Subkulit L1 hanya dapat menampung maksimal 2 elektron, sedangkan subkulit L2, L3, dan L4 memiliki kapasitas maksimum 6 elektron, dengan demikian jumlah maksimum elektron yang dapat menempati kulit L adalah 2+6=8 elektron.

Namun, perlu diingat bahwa jumlah maksimum elektron yang dapat menempati kulit L hanya berlaku untuk atom yang netral. Jika atom tersebut mengalami ionisasi, jumlah elektron pada kulit L dapat berubah. Misalnya, pada ion magnesium (Mg2+), jumlah maksimum elektron yang dapat menempati kulit L adalah 0, karena magnesium kehilangan dua elektron dari kulit L sehingga hanya memiliki 8 elektron di kulit K.

Selain itu, penting juga untuk dicatat bahwa aturan jumlah maksimum elektron yang dapat menempati kulit elektron tidak selalu berlaku untuk semua unsur kimia. Ada beberapa pengecualian yang perlu dipertimbangkan, terutama ketika kita membahas unsur-unsur yang memiliki nomor atom yang tinggi.

Dalam rangka untuk menjawab pertanyaan mengenai jumlah maksimum elektron yang dapat menempati kulit L, kita perlu memahami konsep dasar struktur atom dan prinsip-prinsip seperti Prinsip Aufbau dan hukum Hund. Kulit elektron L memiliki kapasitas maksimum 8 elektron karena memiliki empat subkulit dengan kapasitas maksimum masing-masing subkulit berbeda. Namun, karena kulit elektron L adalah kulit kedua terluar pada sebuah atom, jumlah maksimum elektron yang dapat menempati kulit L adalah 8 elektron. Pengecualian dan variasi dapat terjadi pada beberapa unsur kimia, terutama ketika kita membahas unsur-unsur dengan nomor atom yang lebih tinggi.

About Chica Intan Sari

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com