bagian-bagian sel

Bagian-Bagian Yang Terdapat Pada Sel

NET-Magazines – Sel adalah unit dasar kehidupan. Semua makhluk hidup, dari organisme uniseluler hingga manusia, terdiri dari sel. Setiap sel terdiri dari bagian-bagian yang unik dan penting untuk memastikan kelangsungan hidupnya. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan bagian-bagian sel yang paling penting dan peran masing-masing bagian tersebut dalam memelihara kehidupan sel.

Bagian -Bagian Terpenting Pada Sel

1. Membran Sel

Membran sel adalah bagian terluar dari sel. Membran sel bertindak sebagai penghalang selektif yang memungkinkan masuk dan keluarnya zat yang dibutuhkan oleh sel. Membran sel terdiri dari lapisan lipid ganda yang disebut fosfolipid dan protein. Fosfolipid memiliki kepala hidrofilik dan ekor hidrofobik, sehingga memungkinkan membran sel untuk membentuk penghalang antara lingkungan internal dan eksternal sel.

2. Sitoplasma

Sitoplasma adalah cairan kental yang mengisi sel. Sitoplasma terdiri dari berbagai organel sel dan zat-zat yang dibutuhkan oleh sel untuk menjalankan fungsinya. Sitoplasma juga berperan dalam mempertahankan bentuk sel.

3. Inti Sel

Inti sel adalah bagian sel yang mengandung DNA. DNA berfungsi sebagai informasi genetik yang diperlukan untuk mengatur fungsi sel. Inti sel terdiri dari nukleus dan kromosom.

4. Nukleus

Nukleus adalah struktur yang terdapat di dalam inti sel. Nukleus terdiri dari membran inti dan kromatin. Membran inti memisahkan nukleus dari sitoplasma dan menjaga agar DNA tetap di dalam nukleus.

BACA JUGA  Batas-Batas Benua Asia

5. Kromatin

Kromatin adalah materi genetik yang terdapat di dalam nukleus. Kromatin terdiri dari DNA, protein dan RNA. DNA membawa informasi genetik yang diperlukan untuk mengatur fungsi sel. Protein dan RNA berperan dalam mengatur aktivitas genetik.

6. Ribosom

Ribosom adalah orga sel yang sangat berperan dalam sintesis protein. Ribosom terdiri dari dua sub-unit, yaitu sub-unit kecil dan sub-unit besar. Ribosom dapat ditemukan di sitoplasma dan pada permukaan retikulum endoplasma kasar.

7. Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma adalah sistem membran berlipat-lipat yang terdapat di sel. Retikulum endoplasma terdiri dari dua jenis, yaitu retikulum endoplasma kasar dan retikulum endoplasma halus.

Retikulum endoplasma kasar berperan dalam sintesis protein. Protein yang dihasilkan oleh ribosom menempel pada retikulum endoplasma kasar dan diangkut melalui saluran protein untuk diolah lebih lanjut. Retikulum endoplasma halus berperan dalam sintesis lipid dan detoksifikasi zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh sel.

8. Mitokondria

Mitokondria adalah organel sel yang berperan

dalam proses produksi energi seluler melalui respirasi seluler. Mitokondria memiliki dua lapisan membran dan terdapat dalam jumlah yang bervariasi tergantung pada jenis sel. Mitokondria menghasilkan adenosin trifosfat (ATP) melalui respirasi seluler yang melibatkan glukosa dan oksigen sebagai bahan bakar.

9. Badan Golgi

Badan Golgi adalah organel sel yang berperan dalam pemrosesan dan pengemasan molekul sebelum disekresikan ke luar sel. Badan Golgi terdiri dari beberapa lapisan membran dan terletak di dekat nukleus. Badan Golgi menerima protein dan lipida dari retikulum endoplasma kasar dan mengirimkannya ke tempat tujuan yang sesuai, seperti permukaan sel atau ke dalam organel lain.

10. Lisosom

Lisosom adalah organel sel yang berperan dalam degradasi material seluler yang sudah tidak berguna. Lisosom mengandung enzim hidrolitik yang dapat memecah makromolekul seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat menjadi molekul yang lebih kecil yang dapat digunakan kembali oleh sel.

BACA JUGA  Download Aplikasi Android dari Google Play, Cara Mudah Menemukan dan Menginstal Aplikasi Favorit Anda

11. Sentrosom

Sentrosom adalah struktur yang terdapat di dekat inti sel pada sel hewan. Sentrosom terdiri dari dua sentriol yang terletak tegak lurus satu sama lain. Sentrosom berperan dalam pembelahan sel dan memainkan peran penting dalam pembentukan serabut pembelahan sel selama mitosis.

12. Kloroplas

Kloroplas adalah organel sel yang terdapat pada sel tumbuhan dan alga hijau. Kloroplas berperan dalam fotosintesis, yaitu proses produksi makanan yang menggunakan energi cahaya. Kloroplas mengandung pigmen hijau bernama klorofil yang dapat menyerap energi cahaya untuk menghasilkan glukosa dan oksigen.

 

Bagian-bagian sel tersebut merupakan bagian yang paling penting dan berperan dalam menjaga kelangsungan hidup sel. Setiap bagian memiliki fungsi yang unik dan bekerja sama untuk menjalankan proses kehidupan sel. Memahami bagian-bagian sel ini juga dapat membantu kita untuk memahami bagaimana organisme hidup bekerja, seperti penyakit yang disebabkan oleh kelainan pada bagian sel tertentu dan pengobatan yang dikembangkan berdasarkan pemahaman ini. Oleh karena itu, pengetahuan tentang bagian-bagian sel penting untuk dipelajari dan dipahami.

 

About Chica Intan Sari

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com