selamat tahun baru imlek gong xi fa cai
(Foto: Freepik)

Gong Xi Fa Cai, Tahun Baru Imlek Bagi Masyarakat Tionghoa

NET-Magazines – Selamat Tahun Baru Imlek! Gong Xi Fa Cai! Tahun Baru Imlek merupakan perayaan penting bagi masyarakat Tionghoa di seluruh belahan dunia. Perayaan ini biasanya dirayakan pada tanggal 1 Januari dalam penanggalan Tionghoa.  Perayaan ini merupakan perayaan yang meriah dan penuh warna, di mana keluarga dan teman-teman berkumpul untuk merayakan bersama.

 

Asal-usul Perayaan Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek memiliki asal-usul yang sangat panjang. Menurut legenda Tionghoa, perayaan ini bermula dari sebuah legenda tentang seekor monster nian yang sering muncul setiap tahunnya pada malam tahun baru untuk menyerang penduduk desa. Monster tersebut sangat mengerikan dan tidak ada yang bisa mengalahkannya.

Namun, setelah beberapa waktu, penduduk desa menemukan cara untuk mengusir monster nian. Mereka menyalakan kembang api dan mengeluarkan suara keras untuk mengusir monster tersebut. Dari sana, tradisi menyalakan kembang api dan merayakan Tahun Baru Imlek dengan suara keras terus berlanjut hingga saat ini.

 

Tradisi Perayaan Tahun Baru Imlek

Perayaan Tahun Baru Imlek diisi dengan berbagai tradisi dan kebiasaan yang unik. Berikut adalah beberapa tradisi yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Tionghoa pada perayaan Tahun Baru Imlek.

1. Memasang Hiasan

Salah satu tradisi yang paling umum pada perayaan Tahun Baru Imlek adalah memasang hiasan-hiasan yang berwarna merah. Warna merah dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kebahagiaan. Beberapa hiasan yang biasanya dipasang adalah lampion merah, angpao, dan poster dengan gambar naga atau singa.

BACA JUGA  Memanjakan Diri dengan Aplikasi Game Android Gratis

2. Memasak Makanan Khas

Perayaan Tahun Baru Imlek tidak lengkap tanpa makanan khas Tionghoa. Makanan yang biasanya disajikan adalah dumpling, kue keranjang, dan kue kering. Makanan tersebut dipercaya dapat membawa keberuntungan dan kebahagiaan.

3. Menyusun Uang Kertas

Tradisi yang unik pada perayaan Tahun Baru Imlek adalah menyusun uang kertas menjadi bentuk-bentuk tertentu. Bentuk yang paling umum adalah bentuk ikan atau jeruk. Ikan dipercaya dapat membawa keberuntungan dan jeruk dipercaya dapat membawa kekayaan.

4. Berziarah ke Kuil

Pada perayaan Tahun Baru Imlek, banyak orang Tionghoa yang berziarah ke kuil untuk berdoa dan memohon keberuntungan. Mereka juga membawa persembahan berupa makanan dan minuman untuk diberikan kepada dewa.

5. Memberikan Angpao

Salah satu tradisi yang paling diantisipasi oleh anak-anak pada perayaan Tahun Baru Imlek adalah pemberian angpao. Angpao berisi uang tunai yang diberikan kepada anak-anak oleh orang dewasa. Angpao biasanya diberikan dengan harapan agar anak-anak mendapatkan keberuntungan dan kebahagiaan sepanjang tahun.

 

Perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia

Di Indonesia, perayaan Tahun Baru Imlek juga dirayakan dengan meriah oleh masyarakat Tionghoa. Biasanya, pada malam Tahun Baru Imlek, keluarga dan teman-teman berkumpul untuk makan bersama dan menyalakan kembang api. Selain itu, banyak pasar malam yang menjual makanan khas Tionghoa dan hiasan-hiasan meriah untuk merayakan Tahun Baru Imlek.

Namun, perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia juga sering menjadi ajang pertunjukan kesenian Tionghoa seperti barongsai dan liong, yang merupakan tarian singa dan naga yang dipercayai dapat membawa keberuntungan dan mengusir keberuntungan buruk. Selain itu, banyak sekolah yang juga merayakan Tahun Baru Imlek dengan mengadakan kegiatan seperti pertunjukan tarian dan musik Tionghoa.

BACA JUGA  Cara Download Aplikasi Pioneer DJ serta Cara Menggunakannya di Perangkat Android

 

Kesimpulan

Perayaan Tahun Baru Imlek merupakan perayaan penting bagi masyarakat Tionghoa di seluruh dunia. Perayaan ini dipenuhi dengan tradisi dan kebiasaan yang unik serta meriah. Bagi masyarakat Tionghoa di Indonesia, perayaan Tahun Baru Imlek juga menjadi ajang untuk merayakan kebersamaan dan kesenian Tionghoa

About Chica Intan Sari

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com