cara cek bansos pkh
(Foto: Freepik)

Cara Cek Bansos PKH Secara Online

NET-Magazines – Pemerintah Indonesia telah meluncurkan berbagai program bantuan sosial untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Salah satu program bantuan sosial adalah Program Keluarga Harapan (PKH) yang bertujuan untuk membantu keluarga miskin dan rentan yang membutuhkan bantuan secara finansial. Untuk mendapatkan bantuan PKH, masyarakat harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan melalui beberapa tahapan verifikasi. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas cara untuk cek bansos PKH secara online yang tentunya dapat dilakukan dengan perangkat masing-masing.

Cara Untuk Cek Bansos PKH Secara Online

Berikut ini adalah cara bagi masyarakat untuk mengecek bansos PKH secara online melalui perangkat masing-masing.

Langkah Pertama: Cek Kelayakan Penerima Bantuan

Sebelum melakukan pendaftaran PKH, pastikan bahwa Anda telah memenuhi syarat dan kriteria sebagai penerima bantuan tersebut. Syarat untuk menjadi penerima bantuan PKH antara lain sebagai berikut ini:

  • Keluarga yang memiliki anggota keluarga yang memiliki status sebagai anak atau ibu hamil atau menyusui
  • Keluarga yang memiliki anggota keluarga yang memiliki status sebagai penyandang disabilitas berat atau kronis
  • Keluarga yang memiliki anggota keluarga sudah berusia lanjut
  • Keluarga yang memiliki pendapatan rendah, yaitu dengan pendapatan per kapita kurang dari Rp 200.000 per bulan

Jika Anda dirasa telah memenuhi syarat dan kriteria tersebut, Anda dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu melakukan proses pendaftaran.

Langkah Kedua: Pendaftaran PKH secara Online

Untuk melakukan pendaftaran PKH secara online, Anda dapat mengunjungi laman website resmi dari Kementerian Sosial di https://www.kemensos.go.id atau langsung mengakses laman https://verifikasi.bansos.kemensos.go.id. Pada laman tersebut, Anda akan diminta untuk mengisi data pribadi serta informasi keluarga seperti nama, alamat, nomor KTP, dan informasi anggota keluarga yang memenuhi syarat sebagai penerima bantuan.

BACA JUGA  Penyebab dan Solusinya HP Android Tidak Bisa Download Aplikasi di Play Store

Setelah Anda mengisi semua informasi yang diperlukan, Anda dapat klik tombol “Daftar” lalu tunggu konfirmasi dari pihak Kementerian Sosial. Biasanya, konfirmasi akan dikirimkan melalui SMS atau email yang berisi nomor registrasi dan jadwal verifikasi data.

Langkah Ketiga: Cek Status Penerima Bantuan PKH secara Online

Setelah melakukan pendaftaran, Anda dapat melakukan pengecekan status penerima bantuan PKH secara online pada perangkat masing-masing seperti HP, laptop, ataupun komputer. Anda dapat mengakses laman website resmi dari Kementerian Sosial atau langsung mengunjungi laman https://verifikasi.bansos.kemensos.go.id/cek-status. Pada laman tersebut, masukkan nomor registrasi yang telah Anda terima sebelumnya melalui SMS atau email kemudian klik tombol “Cek Status”.

Jika data Anda telah diverifikasi dan dinyatakan lolos seleksi, maka Anda akan mendapatkan informasi mengenai waktu dan tempatuntuk penyaluran bantuan PKH tersebut. Namun, jika data Anda belum diverifikasi atau tidak lolos seleksi, Anda masih dapat mengajukan keberatan atau memperbaiki data melalui laman verifikasi yang sama.

Demikianlah cara untuk cek bansos PKH secara online melalui perangkat masing-masing seperti HP, laptop, atau komputer yang dapat dilakukan oleh masyarakat yang memenuhi syarat dan kriteria sebagai penerima bansos PKH. Akan tetapi perlu diingat bahwa bantuan sosial ini diberikan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, oleh karena itu kita harus menjalankan proses pendaftaran dan verifikasi dengan jujur dan bertanggung jawab. Namun, pastikan juga bahwa informasi yang sudah Anda berikan pada saat pendaftaran dan verifikasi berisikan jawaban benar dan akurat untuk memastikan bahwa bantuan sosial tersebut dapat sampai ke tangan yang membutuhkan. Selain hal diatas, tetap patuhi protokol kesehatan saat mengakses laman verifikasi atau saat menerima bantuan sosial PKH tersebut.

About Chica Intan Sari

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com