pengertian mad jaiz munfashil adalah
(Foto: Freepik)

Apa Itu Mad Jaiz Munfashil? Simak Artikel Berikut Ini

NET-Magazines – Mad Jaiz Munfashil adalah salah satu istilah dalam ilmu tajwid yang sering digunakan dalam membaca Al-Quran. Mad Jaiz Munfashil dapat ditemukan pada beberapa ayat di dalam Al-Quran yang menggunakan huruf “ya” atau “wa” di antara dua huruf yang sama. Dalam artikel ini, akan dibahas secara lengkap pengertian Mad Jaiz Munfashil dan bagaimana cara membacanya dengan benar.

 

Pengertian Mad Jaiz Munfashil

Mad Jaiz Munfashil adalah salah satu jenis mad yang diperbolehkan dalam membaca Al-Quran. Mad Jaiz Munfashil terjadi ketika huruf “ya” atau “wa” muncul di tengah-tengah dua huruf yang sama. Mad Jaiz Munfashil dapat dibaca dengan memanjangkan bacaan satu harakat penuh atau dua harakat setengah.

Mad Jaiz Munfashil dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Mad Jaiz Muttashil dan Mad Jaiz Munfasil. Mad Jaiz Muttashil terjadi ketika huruf “ya” atau “wa” muncul di tengah-tengah dua huruf yang sama dalam satu kata. Sedangkan Mad Jaiz Munfasil terjadi ketika huruf “ya” atau “wa” muncul di tengah-tengah dua huruf yang sama antara dua kata yang berbeda.

BACA JUGA  Mengirim Pesan dengan Gampang melalui Aplikasi SMS Android Terbaik

 

Cara Membaca Mad Jaiz Munfashil dengan Benar

Untuk membaca Mad Jaiz Munfashil dengan benar, ada beberapa aturan yang harus diperhatikan. Berikut adalah cara membaca Mad Jaiz Munfashil dengan benar:

  1. Pahami lokasi huruf “ya” atau “wa” yang muncul di tengah-tengah dua huruf yang sama.
  2. Jika huruf “ya” atau “wa” muncul di tengah-tengah dua huruf yang sama dalam satu kata, maka Mad Jaiz Munfashil tersebut adalah Mad Jaiz Muttashil. Pada Mad Jaiz Muttashil, bacaan harus ditarik dengan memanjangkan harakat sebanyak satu harakat penuh.
  3. Jika huruf “ya” atau “wa” muncul di tengah-tengah dua huruf yang sama antara dua kata yang berbeda, maka Mad Jaiz Munfashil tersebut adalah Mad Jaiz Munfasil. Pada Mad Jaiz Munfasil, bacaan harus ditarik dengan memanjangkan harakat sebanyak dua harakat setengah.
  4. Perhatikan tajwid dan tanda baca pada ayat tersebut untuk menentukan cara membaca Mad Jaiz Munfashil yang tepat.

 

Contoh Mad Jaiz Munfashil dalam Al-Quran

Mad Jaiz Munfashil dapat ditemukan pada beberapa ayat dalam Al-Quran. Berikut adalah contoh Mad Jaiz Munfashil dalam Al-Quran:

1. “wa maa khalaqtu al-jinna wa al-insa illaa liya’buduun” terletak pada (QS Adz-Dzariyat: 56)

Pada ayat di atas, huruf “ya” muncul di tengah-tengah huruf “nun” yang sama. Oleh karena itu, Mad Jaiz Munfashil pada ayat ini adalah Mad Jaiz Muttashil.

2. “innal insaana lafi khusrin” terletak pada (QS Al-Asr: 2)

Pada ayat di atas, terdapat huruf “lam” yang bertemu dengan huruf “ba” dalam satu kata “la-fi”. Oleh karena itu, Mad Jaiz Munfashil pada ayat ini adalah Mad Jaiz Lazim.

3. “qul huwa al-rahmaanu aamanna bihi wa alayhi tawakkalnaa” terletak pada (QS Al-Furqan: 58)

Pada ayat di atas, terdapat huruf “ha” yang bertemu dengan huruf “alif” dalam satu kata “bihi”. Oleh karena itu, Mad Jaiz Munfashil pada ayat ini adalah Mad Jaiz Lazim.

BACA JUGA  Gunakan Aplikasi Photoshop Ini agar Fotomu Semakin Berkarisma

4. “qul huwal-lahu ahad allahu samad lam yalid wa lam yuulad wa lam yakullahu kufuwan ahad” terletak pada (QS Al-Ikhlas: 1-4)

Pada ayat di atas, terdapat huruf “lam” yang bertemu dengan huruf “ya” dalam satu kata “lam yakullahu”. Oleh karena itu, Mad Jaiz Munfashil pada ayat ini adalah Mad Jaiz Muttashil.

 

Itulah beberapa contoh Mad Jaiz Munfashil dalam Al-Quran. Dalam membaca Al-Quran, penting untuk memperhatikan jenis Mad yang terdapat dalam setiap ayatnya agar bacaan dapat dilakukan dengan baik dan benar.

About Chica Intan Sari

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com