download aplikasi wireshark android
(Foto: wireshark.org)

Wireshark, Aplikasi Terbaik Untuk Analisis Lalu Lintas Jaringan

NET-Magazines – Wireshark adalah aplikasi open-source yang paling banyak digunakan untuk analisis jaringan. Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam memantau lalu lintas jaringan, menangkap paket data, dan menganalisis masalah jaringan dengan cara yang efektif. Meskipun aplikasi ini umumnya digunakan pada desktop, beberapa pengguna ingin menggunakan aplikasi ini pada perangkat seluler mereka seperti Android. Oleh karena itu, dalam artikel ini, saya akan membahas bagaimana cara download aplikasi Wireshark untuk Android dan bagaimana cara untuk menggunakannya.

Apa itu Wireshark?

Wireshark merupakan perangkat lunak open-source yang digunakan untuk menganalisis serta memantau lalu lintas jaringan. Wireshark dapat menangkap paket data dan menganalisisnya dengan cara yang efektif. Wireshark tersedia dalam berbagai platform seperti pada Windows, Linux, serta MacOS. Namun, aplikasi Wireshark tidak tersedia secara resmi untuk Android. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan Wireshark pada perangkat Android Anda, maka perlu men-download aplikasi dari pihak ketiga.

Mengapa Wireshark penting?

Wireshark adalah alat yang penting untuk memantau lalu lintas jaringan. Dengan menggunakan Wireshark, Anda dapat melihat data yang sedang dikirim dan diterima melalui jaringan. Anda juga dapat memperbaiki masalah jaringan dengan menggunakan informasi yang diberikan oleh Wireshark. Selain itu, Wireshark juga digunakan oleh para profesional keamanan jaringan untuk mengidentifikasi ancaman keamanan pada jaringan mereka.

Cara download aplikasi Wireshark untuk Android

Karena Wireshark tidak tersedia secara resmi untuk Android, Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menggunakan Wireshark pada perangkat seluler Anda. Salah satu aplikasi pihak ketiga yang populer untuk menggunakannya pada perangkat Android adalah “tPacketCapture”. Berikut adalah cara untuk download aplikasi wireshark android melalui tPacketCapture:

  1. Pertama, buka Google Play Store pada perangkat Android milik Anda.
  2. Cari “tPacketCapture” pada kolom pencarian di Google Play Store.
  3. Klik opsi “Install” kemudian tunggu hingga proses download dan instalasi tersebut selesai.
  4. Setelah berhasil terinstal, buka aplikasi tPacketCapture dan klik tombol “Start” untuk memulai pemantauan jaringan.
BACA JUGA  Aplikasi Terbaik Untuk Download Musik

Cara Menggunakan Wireshark pada Android

Setelah berhasil menginstal aplikasi tPacketCapture, berikut adalah cara untuk menggunakan Wireshark pada Android:

  1. Buka aplikasi tPacketCapture.
  2. Klik tombol “Start” untuk memulai pemantauan jaringan.
  3. Buka aplikasi yang ingin Anda pantau, seperti browser atau aplikasi chatting.
  4. Setelah selesai menggunakan aplikasi tersebut, kembali ke aplikasi tPacketCapture dan klik tombol “Stop”.
  5. Klik paket data yang ingin Anda analisis dan lihat detailnya pada bagian bawah layar.
  6. Anda juga dapat menyimpan paket data tersebut untuk dianalisis di desktop atau laptop dengan menggunakan Wireshark desktop.

 

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara download aplikasi Wireshark untuk Android dan bagaimana menggunakannya untuk menganalisis paket data dan memperbaiki masalah jaringan.

Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan Wireshark pada jaringan seluler Anda dapat melanggar kebijakan privasi dan aturan penggunaan. Pastikan bahwa Anda memiliki izin yang sah dan mematuhi aturan yang berlaku sebelum menggunakan Wireshark pada jaringan seluler.

Selain itu, sebagai pengguna Wireshark, penting untuk mengambil langkah-langkah keamanan yang tepat untuk melindungi data sensitif. Wireshark dapat menangkap data yang sedang dikirim dan diterima melalui jaringan, termasuk informasi pribadi dan rahasia bisnis. Pastikan bahwa Anda hanya menggunakan Wireshark untuk tujuan yang sah dan menghapus data sensitif setelah selesai digunakan.

Dalam kesimpulan, Wireshark adalah alat yang penting untuk memantau lalu lintas jaringan dan memperbaiki masalah jaringan. Meskipun tidak tersedia secara resmi untuk Android, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti tPacketCapture untuk menggunakan Wireshark pada perangkat seluler Anda. Namun, pastikan bahwa Anda memiliki izin yang sah dan mematuhi aturan yang berlaku serta mengambil langkah-langkah keamanan yang tepat untuk melindungi data sensitif.

About Chica Intan Sari

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com