rootandroid

Apa yang Dimaksud dengan Root HP? Berikut Penjelasan dan Resiko Root

NET-Magazines.net – Kamu mungkin pernah membaca tentang root HP. Lalu apa yang dimaksud dengan root HP? Apakah fungsi root HP dan apakah dampaknya berbahaya?

Memang, root terkadang dapat mengatasi segala kebutuhan pengguna HP Android. Terutama saat masalah mulai muncul pada ponsel kamu.

Apa itu Root Android

Pada dasarnya, sistem operasi pada Android serupa dengan manajemen file Linux. Dan seperti pada Linux, Langkah rooting merupakan cara yang memungkinkan para pengguna untuk memperbaiki perangkat.

Sederhananya, rooting HP Android adalah sebuah proses di mana penggunanya mendapat akses penuh terhadap seluruh komponen sistem operasi. Sebagian orang menganggap root Android sebagai solusi pasti jika ingin lebih banyak akses dan kemudahan dalam mengoperasikan dan mengatur ponsel miliknya.

Tapi, benarkah demikian?

Apa Fungsi Root Android?

Root Android dapat membebaskan penggunanya untuk mengurangi, menambah, serta memodifikasi file atau data pada perangkat. Jenis file yang sebelumnya terkunci (locked), dapat diakses karena sudah di-rooting. Maka dari itu, fungsi root Android adalah untuk membuka kunci dari file atau data yang sudah dikunci oleh sistem operasi.

Lalu, untuk apa data tersebut?

Setiap data yang terkunci adalah bagian dari sistem operasi. Ketika perangkat di-root, pengguna dapat menjadi administrator yang bebas untuk mengakses seluruh data. Sehingga, para pengguna bisa memodifikasi perangkat sesuai kebutuhan. Misalnya saja, kamu bisa memaksimalkan performa perangkat dengan meng-overclock prosesor bawaan, menghapus aplikasi bawaan Android (aplikasi bloatware) yang tidak dipakai pada ponsel, serta meng-install aplikasi dengan fungsi tertentu.

Tidak hanya itu, root Android memungkinkan para pengguna untuk memasang ROM custom buatan pihak ketiga. Sehingga, Anda sebagai pengguna dapat bebas mengatur tampilan dan UI perangkat sesuai kebutuhan. Tetapi kebebasan tidak berarti keuntungan, terdapat risikonya tersendiri bagi ponsel yang di-root.

BACA JUGA  Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Yang Tidak Berbunyi

Apakah Root itu Berbahaya?

Rooting HP Android dapat memberimu kebebasan untuk mengatur serta menyesuaikan perangkat Android. Tetapi, kebebasan tersebut juga dapat disalahgunakan jika kamu tidak berhati-hati. Karena, Android sudah dirancang untuk sulit dijebol. Padahal, seorang superuser istilah perangkat yang sudah mengalami root, akan berpotensi mengundang bahaya ketika aktif secara online. Misalnya saja, ketika Anda meng-klik halaman iklan, kemudian tiba-tiba saja terdapat program yang memaksa perangkat untuk memasang program tanpa disadari oleh pengguna. Jika hal tersebut dialami oleh perangkat yang kerap dipakai untuk transaksi online. Kemungkinan potensi peretasan dan pengambilalihan akun pembayaran yang sudah tersimpan pada HP Android kamu dapat terjadi. Ya, keamanan merupakan salah satu faktor yang paling krusial ketika root Android. Dan karena alasan tersebut, pengembang Android sudah merancang agar sistem operasinya tidak bisa di-root.

Di sisi lain, metode rooting pada HP Android seringkali berbahaya. Terdapat potensi perangkat rusak hanya karena mengalami proses rooting. Tidak hanya itu, ponsel yang sudah mengalami root juga tidak akan mendapatkan garansi dari produsen. Sehingga, jika terdapat kerusakan pada perangkat yang sudah di-root, tanggung jawab terdapat pada diri masing-masing.

Cara untuk Root HP Android

Kini, root pada HP Android sudah semakin mudah. Tidak seperti pada versi lawas, di mana kamu harus melakukannya menggunakan PC/Laptop. Kini sudah tersedia beragam aplikasi root Android yang akan memudahkan proses root tersebut. Beberapa aplikasi root Android yang terpercaya dan sering dipakai seperti KingRoot, One Click Root, Framaroot, Nexus Root Toolkit, SuperSu, Flashify, Baidu Root, dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk cara root di HP Android menggunakan aplikasi di atas cukup mudah. Hal pertama, kamu perlu meng-install aplikasinya. Jika sudah ter-install lalu buka aplikasinya. Klik icon root agar aplikasi dapat memulai proses rooting pada HP Android milikmu.

About administrator

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com