menambah ram android

Cara Menambah RAM pada HP Android

NET-Magazines.net – Mungkin smartphone kalian sering mengalami aplikasi yang not responding. Hal-hal tersebut biasanya disebabkan oleh RAM yang penuh oleh berbagai macam proses yang berjalan secara bersamaan. Sehingga tidak bisa dihandle oleh kapasitas RAM yang perangkat tersebut miliki.

Dan solusi yang langsung terpikir adalah bagaimana cara untuk memperbesar RAM android agar tidak mengalami lag dan hang. Apakah kita bisa menambah kapasitas RAM hp? Jawabannya adalah bisa.

Cara Menambah RAM Android

Bagi kalian yang sudah lelah dengan smartphone yang suka hang/blank. Kami akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi semua masalah itu. Silahkan cek tutorial berikut ini.

  1. Gunakan RAM Manager

RAM Manager merupakan sebuah APK yang didesain untuk mempermudah kita dalam mengelola penggunaan kapasitas RAM. Sehingga ia tidak penuh dengan berbagai proses yang tak penting. Hal ini akan membebaskan sejumlah ruang sehingga membuat smartphone tak mudah lag dan lemot.

  1. Menambah RAM HP dengan Memori Lain

Pada tips yang kali ini akan memanfaatkan memory internal/SDcard smartphone sebagai swap memory. Sehingga apabila terdapat proses yang tidak bisa dihandle oleh RAM maka sebagian akan dipindahkan ke virtual memory di penyimpanan internal/eksternal.

  1. Meningkatkan Kinerja Memory Dengan SD-Booster

Cara ini cukup mudah untuk anda lakukan yaitu menaikan kecepatan SD Card untuk melakukan proses read and write data menjadi lebih cepat, sehingga kinerja smartphone bisa lebih optimal serta menghindari adanya lemot.

  1. 4. Uninstall Aplikasi Tidak Penting

Salah satu penyebab yang paling umum HP android lemot adalah karena kebanyakan aplikasi, sehingga banyak proses yang harus ditangani oleh smartphone secara bersamaan. Telebih lagi untuk perangkat yang kapasitas RAMnya kecil, pasti akan sulit untuk meng-handle semuanya. Kapasitas yang dimiliki tidak mampu untuk menangani semua proses secara bersamaan.

  1. 5. Freeze/Nonaktifkan Aplikasi

Mungkin beberapa dari kalian jarang menggunakan sebuah aplikasi, namun disisi lain juga sayang untuk mencopotnya karena suatu saat akan dibutuhkan. Maka tips yang disarankan adalah dengan menonaktifkan app tersebut. Dengan begitu, tidak akan berjalan di latarbelakang dan mengkonsumsi RAM. Apabila nantinya kalian membutuhkan aplikasi tersebut untuk digunakan kembali, hanya tinggal mengaktifkannya lagi.

  1. 6. Cobalah Aplikasi RAM Booster

Di android sendiri cukup banyak aplikasi RAM booster yang dapat dicoba. Seperti RAM Manager, Smart Booster Pro, RAM Booster Extreme.

BACA JUGA  Cara Mudah Download dan Menggunakan Aplikasi Zoom di HP Android

Untuk beberapa aplikasi akan berperan sebagai ram manager, yang mana artinya akan bertugas mengelola penggunaan RAM, sehingga apabila kapasitas RAM penuh, aplikasi ini akan membersihkan sejumlah proses yang tidak penting untuk membebaskan beberapa ruang. Dalam waktu berkala akan dilakukan proses cleaning untuk menjaga performa smartphone.

  1. 7. Kurangi Widget, Screensaver dan Animasi

Sebagian dari kalian pasti sudah memasang widget atau screensaver. Fitur-fitur tersebut memang sangat berguna untuk membuat tampilan menjadi lebih menarik. Namun perlu diperhatikan juga bahwa penggunaannya haruslah lebih bijak. Jangan memasang widget secara berlebihan karena akan menambah beban proses pada smartphone. Gunakan secukupnya dan sesuaikan dengan kebutuhan kalian.

 

Pengertian Virtual Memory

Dapat diartikan sebagai memori tambahan yang terdapat hampir di setiap sistem operasi. Virtual memory ini digunakan untuk ‘menambah’ kapasitas memori utama apabila proses/data yang ada melebihi kapasitas yang dimiliki. Cara kerjanya adalah dengan memindahkan data terakhir ke dalam swapfile di penyimpanan. Sehingga akan terdapat beberapa ruang kosong di penyimpanan yang tersisa untuk memproses data. Pada saat data yang diswap sebelumnya diperlukan, maka akan ditukar kembali dengan data terakhir yang digunakan. Sehingga virtual memori ini seperti menjadi penyimpanan cadangan untuk menyimpan data-data secara sementara sebelum diproses layaknya sebuah RAM.

Jenis Virtual Memory

Virtual Memory/VRAM memiliki beberapa macam metode. Sehingga terdapat beberapa jenis virtual memory yang sering digunakan, antara lain :

  • Swap File : Metode ini membuat virtual memory menggunakan file yang akan disimpan pada micro SD sebagai media swap.
  • Swap Partition : Membuat virtual memory dengan memanfaatkan partisi SD Card/Micro SD. Memory Eksternal (mcri sd) akan di partisi ulang menjadi dua sampai tiga bagian dan pada partisi ke tiga anda gunakan lunix swap sebagai sistemnya.
  • ZRAM : Cara ini cukup efektif dengan membuat virtual memory yang menggunakan RAM Internal. Pada sebagian ram internal hp android akan di kompress (diperkecil) dan dimanfaatkan sebagai virtual memory.
BACA JUGA  Tips dan Trik yang Mudah untuk Share Lokasi ke WA

Setiap metode yang digunakan itu berbeda-beda, dan anda dapat memilih sendiri sesuai dengan inginan anda. Mungkin anda pernah berpikir bahwa RAM tweak atau script dapat berguna untuk menambah RAM android, sebenarnya hal itu salah.

RAM script atau tweak sama halnya dengan script biasanya, namun pada RAM script dibuat menggunakan bahasa C yang dapat mengoptimalkan kinerja RAM Android.

Jadi perlu digarisbawahi bahwa disini kita bukan sekedar ‘menambah kapasitas RAM’ tetapi lebih tepatnya menggunakan sebagian kapasitas penyimpanan lain (misalnya memory internal atau SDcard) yang dialokasikan sebagai virtual memory untuk menyimpan data sementara (swap file).

About administrator

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com