hp disadap

Tidak Usah Panik! Beginilah Cara Mengatasi HP Disadap

NET-Magazines.net – Di era sekarang ini banyak oknum yang tidak bertanggung jawab telah melakukan penyadapan untuk merugikan kita. Oleh karena itu, kita harus bisa mengatasi yang HP disadap untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Beberapa oknum yang sedang melakukan penyadapan seringkali untuk menyamarkan identitas ptidadinya. Beberapa oknum biasanya, mengatasnamakan pihak cyber crime, ataupun pihak operator seperti pihak telkomsel atau provider lainnya.

Cara Mengatasi HP Disadap Orang

  1. Deteksi Penyadapan dengan Kode *#21#

Terdapat beberapa kode yang dapat kita gunakan untuk memeriksa apakah HP kita disadap atau tidak. Kode yang dapat kita gunakan adalah *#21## atau *#21#, sehingga kita dapat mengetahui status HP kita disadap atau tidak. Kita juga dapat melakukan cara mengetahui HP disadap menggunakan kode *#06# atau *#61. Terdapat juga kode *#62#, yang dapat digunakan untuk memverifikasi nomor pengalihan atau call forwarding.

  1. Cara Mengatasi HP yang Disadap dengan Kode Rahasia #002#

Agar HP dapat diputus tuntas dari sadapan, kita harus menekan kode ##002## ataupun #002#. Kode tersebut dapat digunakan untuk mematikan semua bentuk pengalihan pada HP. Kode rahasia #002# mampu menghentikan segala kerja para hacker yang sedang menyadap HP kita.

  1. Perhatikan Penggunaan VPN di HP

Cara lainnya guna mengatasi HP disadap ialah dengan memperhatikan penggunaan VPN di HP. VPN (virtual private network) mampu mengenkripsi jaringan internet sehingga dapat memperbesar kemungkinan penyadap untuk mengambil alih HP kita. Selain disadap, HP kita juga dapat dengan mudahnya diretas kemudian melihat data-data yang sedang ditransmisi.

  1. Gunakan Factory Reset untuk Mengatasi HP Disadap

Salah satu cara ampuh lainnya adalah dengan melakukan factory reset, maka semua aplikasi akan terhapus termasuk aplikasi penyadap dan menghentikan penyadapan pada HP kita.

  1. Hubungi Call Center Operator untuk dapat Mengatasi HP yang Disadap Orang

Cara mengatasi HP disadap yang sangat mudah serta tidak serepot cara sebelumnya adalah dengan menghubungi Call Center Operator.

BACA JUGA  Jangan Panik! Beginilah Cara Mengatasi Keyboard Laptop Terkena Air

Bukan hanya HP secara keseluruhan yang dapat disadap, para oknum juga mampu melakukan penyadapan hanya kepada beberapa aplikasi saja, terutama pada aplikasi pesan yang sering digunakan seperti WhatsApp. Untuk mencegah hal tersebut, kita harus mengetahui bagaimana cara menghentikan penyadapan pada WhatsApp.

Cara Mengatasi WhatsApp Disadap

  1. Logout Akun dari WhatsApp Web

Kita dapat melakukan pengecekan perangkat untuk memastikan apa saja yang menggunakan akun WhatsApp Web kita. Dengan cara yang sangat mudah, yaitu:

  • Klik pada bagian opsi titik tiga di pojok kanan atas
  • Klik WhatsApp Web
  • Akan muncul daftar perangkat yang login dengan akun milik kita
  • Pilih logout dari semua perangkat

Jika ternyata terdapat perangkat yang tidak kita kenal dan terhubung dengan WhatsApp kita, kita dapat segera melakukan logout dari jarak jauh, untuk mencegah hal-hal buruk yang terjadi.

  1. Aktifkan Verifikasi Dua Faktor

Berikut langkah untuk mengaktifkan verifikasi dua faktor:

  • Klik pada bagian opsi titik tiga di pojok kanan atas
  • Setting > Account > Two Step Verification
  • Klik Enable
  • Masukkan enam kode rahasia yang dipilih
  • Masukkan email untuk memulihkan kode jika pengguna lupa.
  1. Jangan Lupa untuk Mengaktifkan Pemindai Sidik Jari

Cara untuk mengaktifkannya adalah:

  • Klik pada bagian opsi titik tiga di pojok kanan atas
  • Klik Privasi
  • Klik kunci sidik jari
  • Aktifkan
  1. Cara Mengatasi WhatsApp Disadap dengan melakukan Install Ulang

Pilihan lain untuk dapat menghentikan sadap WA HP Android selanjutnya adalah melakukan install ulang aplikasi WhatsApp di HP kita. Dengan begitu, segala aktivitas penyadapan serta pembajakan yang terjadi di akun WhatsApp kita akan terhapus dengan seketika, bersamaan dengan aplikasi WhatsApp yang diinstall ulang. Tetapi, sebelum melakukan install ulang, disarankan kita telah mengaktifkan verifikasi dua faktor serta mengaktifkan pemindai sidik jari.

  1. Non-aktifkan Akun untuk Menghentikan Penyadapan

Pilihan lain untuk melakukan cara mengatasi HP disadap, ketika akun WhatsApp kita sudah dikendalikan shingga sulit dikembalikan, satu-satunya cara ampuh untuk menghentikan aksi tersebut adalah dengan menonaktifkan akun WhatsApp.

BACA JUGA  Cara Penarikan Uang di Aplikasi Dana

Caranya pun cukup mudah, kita hanya mengirim email dukungan WhatsApp ke alamat support@whatsapp.com dengan kata kunci ” Lost/stolen: please deactivate my account “.kita hanya memerlukan menunggu 30 hari untuk dapat membuat akun kembali, setelah akun sebelumnya dihapuskan.

  1. Kunci Layar Akun WhatsApp kamu untuk menghindari terjadinya Penyadapan

Cara ini mampu mengatasi HP yang disadap ataupun WhatsApp yang disadap adalah dengan mengunci layar akun WhatsApp. Cara tersebut cukup ampuh untuk mengatasi tingkah jahil para oknum yang tentunya sangat merugikan. Caranya sangat mudah serta sangat umum pada setiap HP, kita tinggal buka Pengaturan > Privasi > lalu pilih opsi Kunci Layar.

 

Semoga artikel cara mengatasi HP disadap orang telah dijelaskan di atas dapat membantu kita untuk tetap berhati-hati dalam menggunakan gadget atau HP kita. itu tadi informasi lengkap cara mengatasi HP yang disadap yang dapat kamu lakukan.

About administrator

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com