hp cepat panas

Tips dan Trik agar Smartphone Tidak Cepat Panas, Bagaimana Caranya?

NET-Magazines.net – Pernahkah kalian mengalami smartphone yang tiba-tiba terasa panas? Padahal hanya menggunakannya untuk aktivitas ringan. Tetapi, smartphone mendadak terasa panas dan lebih parahnya lagi performa ponsel menurun karena kondisinya yang panas tersebut. Saat dalam kondisi panas tersebut, kita tidak dapat memaksa smartphone untuk tetap dipakai. Kondisi tersebut akan terasa kurang nyaman karena kegiatan kita bisa terganggu.

Nah, ternyata terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah smartphone supaya tidak cepat panas, lo.

Bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya, yuk!

  1. Perhatikan Penggunaan Charger

Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah charger smartphone. Penggunaan charger smartphone yang palsu dapat membuat smartphone menjadi lebih cepat panas.

Jika kita sering menggunakan charger palsu, baterai akan cepat panas dan cepat rusak karena voltase serta ampere yang diterima tidak sesuai dengan smartphone kita.

  1. Hindari Menggunakan Smartphone saat Mengisi Daya

Penyebab smartphone menjadi cepat panas adalah terlalu sering digunakan saat sedang mengisi daya atau proses charging. Kebiasaan menggunakan smartphone saat sedang mengisi daya dapat berdampak buruk pada kondisi baterai, di antaranya dapat membuat baterai menggembung.

Oleh sebab itu, disarankan untuk tidak menggunakan smartphone selama proses pengisian daya dan menunggu hingga proses pengisian daya selesai

  1. Memberikan Waktu Istirahat

Sama seperti manusia, mesin juga dapat merasakan kelelahan dan memerlukan waktu untuk beristirahat.

BACA JUGA  Cara Mengurangi Radiasi Smartphone yang Harus Kamu Ketahui

Jika manusia terus-menerus bekerja atau belajar, maka pasti akan lelah dan membutuhkan istirahat untuk memulihkan energi. Begitu pula dengan smartphone, jika kita terus memaksa mesin smartphone bekerja tanpa henti, maka smartphone akan menjadi cepat panas.

  1. Menutup Aplikasi dan Koneksi

Walaupun perangkat smartphone yang kita miliki mempunyai kapasitas RAM yang besar, menumpuk aplikasi yang terbuka dan selalu menyalakan koneksi internet dapat membuat smartphone cepat panas krena aktivitas tersebut menggunakan daya listrik. Nah, menutup beberapa aplikasi yang sudah tidak digunakan dapat meringankan kinerja smartphone sehingga tidak mudah cepat panas.

  1. Isi Baterai Hanya Sampai 80%.

Jika kamu harus mengisi baterai ponsel dalam semalam, simpan di permukaan yang sejuk dan rata, hindari menyimpan pada bantal atau seprai. Tetapi kamu tidak perlu mengisi daya baterai ponsel hingga 100%. menurut Android Pit jika kamu terus-menerus melakukan pengisian penuh, hal itu akan mempersingkat masa pakai baterai. Ponsel cenderung mengalami panas berlebih saat terisi penuh, jadi isilah daya saat mendekati 30% kemudian cabut setelah mencapai 80%.

  1. Hindari Memaparkan Ponsel pada Sinar Matahari secara Langsung

Jangan tinggalkan ponsel di bawah sinar matahari secara langsung. Hal tersebut dapat membuat ponsel kamu panas serta dapat merusak mesin ponsel.

  1. Instal Anti Virus

Ponsel yang cepat panas juga dapat disebabkan oleh virus. Ponsel Android rentan terhadap malware, jadi cobalah untuk menginstal perangkat lunak anti-virus pada ponsel kamu.

  1. Terlalu Banyak Bermain Game

Ponsel yang cepat panas juga dapat disebabkan oleh game grafis yang biasanya terlalu berat. Istirahatkan ponsel kamu terlebih dahulu, kemudian pastikan game tidak berjalan di latar belakang setelah anda selesai bermain.

  1. Memakai Aplikasi Penghapus “Sampah”

Pada smartphone Android umumnya terdapat banyak file yang tidak terlalu berguna, file tersebut biasanya berupa sampah, cache, hingga cookies. Jika file tersebut sudah terlalu banyak kemudian dibiarkan, efeknya akan sangta berdampak pada dapur pacu dan RAM yang kemudian memicu smartphone menjadi panas.

BACA JUGA  AyoDance Mobile, Game Penghasil Saldo Dana

Oleh karena itu, jangan sepelekan file “sampah” yang berada di HP kamu. Lakukanlah pembersihan file secara rutin. Anda dapat memanfaatkan aplikasi dari Google, Files Go, yang memiliki kinerja baik serta akses izin aplikasi yang aman.

 

Itulah beberapa trik agar smartphone tidak cepat panas. Semoga dapat membantu kalian semunya.

About administrator

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com